Pelatihan Ecoprint Dorong Ekonomi Kreatif Masyarakat Imopuro

 

METRODEADLINE.COM, – Ditengah wabah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) tentu sangat berdampak besar bagi perekonomian masyarakat saat ini.

Melalui dana kegiatan sarana prasaranan dan pemberdayaan masyarakat bersumber dari APBN (Angaran Pendapatan Belanja Negara) Pemerintah Pusat.  Kelurahan Imopuro Kecamatan Metro Pusat alokasikan anggaran untuk menggelar pelatihan kewirausahaan ecoprint dengan menggunakan bahan daun-daun yang ramah lingkungan.

Narasumber dari Ecoprint Godong Asri Imopuro, Tri Nafsiati mengatakan bahwa, pihaknya di minta untuk memberikan materi dalam pelatihan ini.

 

“Jadi pemerintah melalui Kelurahan Imopuro, ingin memberikan pelatihan kewirausahaan kepada warga dan kader-kadernya, agar memiliki keterampilan  yang diharapkan bisa menjadi lahan wirausaha baru untuk meingkatkan taraf perekonomian warga,”ungkapnya, Jumat 13 November 2020.

Lebih lanjut, kata Tri ecoprint ini dapat di aplikasikan dalam bentuk  barang. “ Bisa jadi bahan pakaian, dan bisa juga diterapkan bukan di kain, tapi bisa di grabah, kulit, kayu, dan masih banyak lagi,”jelasnya.

Sementara, Zubaida salah satu peserta pelatihan ecoprint. Ia mengaku pelatihan ini sangat bermanfaat.

“Kami bisa mendapat ilmu, dan isa menjadi bekal kami untuk berwirausaha agar bisa menambah penghasilan,”tuturnya.

Sementara itu, Lurah Imopuro, Nasirwan Ali, S.Sos menyampaikan, tujuan pelatihan ecoprint ini salah satunya sebagai wujud pemberdayaan masyarakat melalui ekonomi kreatif.

“Kita mendorong agar kedepan masyarakat bisa mandiri. Pelatihan ecoprint ini merupakan salah satu wirausaha, yang baik di kembangkan. Saya tertarik dengan ecoprint ini dengan kemudian diajarkan ke masyarakat Imopuro memanfaatkan dana Kelurahan Tahun 2020,”terangnya.

Sambungnya, karna melihat apa yang dlakukan bu Tri ini  dalam mengajarkan dan mempopulerkan tentang ecoprint ini banyak sekali manfaatnya. Termasuk diantaranya pemanfaatan bahan yang ramah lingkungan seperti daun-daunan, karna akan di manfaatkan sebagai media tentu memiliki nilai jual tinggi.


“Saya berharap peserta dapat mengambil manfaat ilmu yang di dapat saat mengikuti pelatihan ecoprint ini, tentu ketika di rumah dapat di implementasikan dan di promosikan agar dapat menumbuhkan wirausaha-wirausaha baru di  Bumi Sai Wawai,”pungkasnya. (*)

Penulis : Fredi Kurniawan Sandi

You might also like

error: Content is protected !!