Disdikbud Metro Gelar Pelatihan Design Poster

Penulis : Fredi Kurniawan Sandi


Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro menggelar workshop pelatihan bagi tenaga pendidik kebudayaan desain poster, pada 11-12 Maret 2020, di Gedung LEC Kartikatama Kota Metro.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, Ir. Ria Andari, M.Pd melalui Kabid Tenaga Pendidik, Fatmawati didamping Kasi Tenaga Kebudayaan, Ika Wulan Handayani mengatakan bahwa, tujuan pelatihan ini selain minat guru yang akan dijadikan mata pelajaran,  juga dalam rangka persiapan menghadapi ajang FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional).

“Jadi dalam ajang FLS2N salah satunya ada katagori lomba desain poster. Sedangkan guru atau tenaga pendidik masih sedikit yang mendapat pelatihan,”ungkapnya kepada  harian metrodeadline.com, Kamis (12/03/2020).

Lebih lanjut, kata Ika pelatihan ini tentunya akan menjadi nilai tolak ukur tingkat keberhasilan siswa-siswi pada ajang FLS2N nanti.

“Kita fokus memberikan pelatihan kepada tenaga pendidik, setelah itu dengan harapan bisa kembali di implementasikan ilmunya kepada peserta didik di sekolah tempat mereka (guru red) mengajar,”harapnya.

Untuk pemateri,  tambah Ika Disdikbud langsung menghadirkan dua narasumber yaikni Razi Al Farisi, S.DS visual communication designers, dan Aditya Wardani praktisi desain grafis.

“Hari pertama peserta masuk pada materi digital design class, dan hari kedua masuk materi tentang digital design comptency,”imbuhnya.

Desain poster adalah karya grafis yang memuat komposisi ilustrasi atau foto dan huruf di atas kertas berukuran besar yang berisi pesan baik komersil, promosi event, layanan masyarakat, maupun kampanye. Poster biasanya di tempel di ruang publik, dimana ditujukan untuk menjangkau audience yang luas.

 “Kami berharap FLS2N khususnya di bidang lomba desain poster siswa-siswi Kota Metro, bisa juara di tingkat provinsi Lampung, Nasional hingga go Internasional,”pungkasnya. (*)

 

You might also like

error: Content is protected !!