Menuju Pembangunan Berpersepektif Gender di Kota Pendidikan

Penulis Fredi Kurniawan Sandi


metrodeadline.com– Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan,  Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Metro menggelar sosialisasi perencanaan pembangunan berpersepektif gender, di gedung LEC Kartika Kota Metro, Rabu (23/10/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala DPP-PAPP dan KB Kota Metro Prayetno,  SE melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Wilastri, S. IP,. M.M mengatakan bahwa sosialisasi ini merupakan pencapaian kemampuan dasar untuk kepedulian terhadap ketimpangan antara laki-laki dan perempuan tahun 2019.

“Jadi intinya untuk menggali kegiatan yang sudah ada di masing-masing OPD (Organisasi Perengkat Daerah), artinya sudah rensponsif gender, tetapi yang bersangkutan belum paham,”ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Wilastri sosialisasi ini sekaligus menggali potensi mereka (peserta red), supaya memahami bahwa kegiatan di masing-masing OPD sudah ada.

“Ya, pembangunan berpersektif gender, asas kemanfaatnya sudah bisa dimanfaatkan antara laki-laki dan perempuan,”jelasnya.

Selain itu, Wilastri meyakini bahwa sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman para pemangku kepentingan,  terutama di semua OPD, tentang pentingnya informasi data yang rensponsif gender dan tentang tindak kekerasan dan perlindungan perempuan dan anak.

Oleh karnanya, dapat memberikan sumbangsih pemikiran dalam melakukan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan kebijakan,  program, kegiatan pembangunan yang memperhatikan kesetaraan dan keadilan gender. 

“Dengan harapan,  usai sosialisasi ini para peserta dapat menyajikan data dan informasi yang terkini,  akurat dan komfrehenship tentang kinerja pembangunan dalam mewujudkan kesejahtraan dan keadilan gender,”pungkasnya. (*)

You might also like

error: Content is protected !!