SMKN 4 Metro Didik Siswa Belajar Berwirausaha

metrodeadline.com, – Sosialisasi dan koordinasi pengembangan SMK Pertanian pendukung ketahanan pangan di SMK Negeri 4 Metro Tahun 2019. Kegiatan berlangsung di ruang praktek siswa multimedia,  Senin (5/8/2019).

Dihadiri oleh Kepala UPTD Wilayah II Drs. Joko santoso, Kepala SMKN 4 Metro  Erlian Eka Damayanti, S.Kom., M.TI, Wakil Kepala Sekolah dan Kepala Program Keahlian serta guru-guru produktif.  

Kepala SMKN 4 Metro Erlian Eka Damayanti, S.Kom., M.TI mengatakan bahwa,  tujuan kegiatan ini untuk memfasilitasi siswa-siswi untuk menumbuhkan jiwa wirausaha, dan mampu mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diberikan oleh guru produktif di program keahlian masing-masing.

“Jadi program keahlian agribisnis ternak ruminansia (ATR) akan diberikan kepercayaan untuk merawat, dan membesarkan ayam kampung dari DOC sampai dengan layak jual dengan jumlah ayam 20-25 ekor persiswa,”ungkapnya. 

Selain itu,  kata dia program keahlian agribisnis tanaman perkebunan (ATP) akan diberikan kepercayaan untuk membudidayakan sayur organik dan pembibitan alpukat”simadu” dan lada perdu.

“Untuk yang perkebunan siswa di berikan bibit sayuran organaik lada perdu alpukat,”jelasnya. 

Ia menambahkan, di program ketahanan pangan siswa di bekali ilmu tentang memelihara ayam dan 1 siswa akan di berikan 20 sampai 25 ekor ayam yang akan di urus oleh siswa di rumah masing-masing.

“Dengan harapan siswa nantinya bisa belajar berwirausaha dan mengaplikasikanya, ketika sudah lulus,”ujarnya.

Selain siswa, guru juga dibekali dengan di magangkan di dudi (dunia industri). “Ya nantinya akan ada rakor mitra industri, dan akan ada penyelarasan kurikulum,”tandasnya. (Adv)

Sumber/Foto : Rilis SMKN 4 Metro

Editor : Fredy Kurniawan Sandi

You might also like

error: Content is protected !!