LPK Airlangga Gelar Olimpiade Sains Piala Walikota Metro

Penulis : Fredi Kurniawan Sandi


 

Lembaga Pelatihan Kursus (LPK) Airlangga Kota Metro menggelar olimpiade sains piala Walikota tingkat SD dan SMP se- Kota Metro.

Pimpinan LPK Airlangga Kota Metro, Siti Nur Syamsiah mengatakan bahwa, tujuan digelarnya olimpiade sains Kota Metro ini untuk menyiapkan pelajar terbaik dibidang sains.

“Jadi sebentar lagi kan ada olimpiade sains tingkat Kota. Kita mengawali persiapan menyongsong olimpiade tingkta Kota, ya sekaligus ingin melihat sejauh mana kempuan  siswa-siswi yang ada di Bumi Sai Wawai,”ungkapnya, kepada metrodeadline.com, Rabu (26/02/2020).

Selain itu, kata Siti untuk olimpiade sains di Airlangga setiap tahun. Sadangkan untuk piala Walikota Metro kali pertama.

“Untuk jumlah peserta sebanyak 160, terdiri dari 80 perseta tingkat, dan 80 peserta tingkat SMP. Dengan katagori cabang lomba mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), dan Matematika,”jelasnya.

Ia menambahkan teknis perlombaan, babak penyisihan dari seluruh peserta akan dipilih 40  peserta dengan nilai terbaik untuk tingkat SD, dan 25 peserta dengan nilai terbaik dari tingkat SMP untuk lanjut ke babak semifinal.

Sementara babak semifinal dari seluruh peserta yang lolos pada babak penyisihan akan dipilih 15 peserta dengan nilai terbaik dari tingkat SD, dan 10 peserta dengan nilai terbaik dari tingkat SMP.

“Kemudian babak final hanya dipilih 3 peserta dengan nilai terbaik. Lalu hadian  lomba juara I mendapatkan piala Walikota Metro + sertifikat, juara II piala Walikota Metro + sertifikat, dan juara III piala Walikota Metro + sertifikat. Piala akan diberikan secara langsung oleh  Walikota Metro pada saat apel di kantor Pemkot Metro Maret 2020 mendatang,”tuturnya.

Untuk pelaksanaan, masih kata Siti babak penyisihan untuk SD pada 16 Februari 2020, SMP pada 26 Februari 2020, sedangkan semi final SD pada 19 Februari 2020, SMP pada 3 Maret 2020, dan pelaksanaan babak final SD pada 22 Februari 2020, SMP pada 5 Maret 2020.

 

“Kita diberi tanggung jawab, otomatis harus persiapkan sumber daya manusia (SDM) nya dan untuk motivasi anak-anak yang akan lomba di tingkat kota nanti.  Kita ingin mengangkat prestasi anak didik di bidang sains sekaligus mendukung visi misi Kota Metro sebagai Kota Pendidikan,”pungkasnya. (*)

You might also like

error: Content is protected !!