Makam Minak Sangaji Butuh Kepedulian Pemerintah Propinsi Lampung

Laporan : Ropian Kunang


LAMPUNG TIMUR – Makam Minak Sangaji tepat berada di samping kantor Pos Pasar Anyer Kabupaten Serang Propinsi Banten butuh kepedulian dari Pemerintah Propinsi Lampung.

Hal itu disampaikan oleh seorang sumber melalui video amatir berdurasi 4 menit 30 detik yang di share oleh Ilyas ke Group Laskar Merah Putih Markas Cabang Kabupaten Lampung Timur.

“Disini ini ada makam nenek moyang kita, makamnya Minak Sangaji, bentuk makamnya seperti ini, tidak ada tutup, lantainya kotor, lagipula lantai tanah”, kata sumber.

“Minta tolong sama pemimpin-pemimpin Lampung, Gubernur Lampung, coba sentuhannya sedikit-sedikit walaupun tidak dipugar keseluruhannya”, pintanya.

Ia meminta bagar makam Minak Sangaji dibuatkan atap sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur.

“Tapi paling tidak dibuatkan atap, ini pemimpin besar kita, pemimpin besar, pemimpin Lampung. Seorang Lampung yang bisa memimpin di Daerah Banten, yang bisa jadi Adipati di Daerah Banten ini Minak Sangaji”.

“Pemimpin yang mampu memimpin jadi Adipati di Daerah Banten, Minak Sangaji, posisinya pas disamping kantor Pos”.

“Jadi tolong saudara-saudara yang orang Lampung viralkan, agar ada sedikit sentuhan dari Pemerintah Lampung. Dari Gubernur, dari jajaran jajarannya”.

Pemerintah Propinsi Banten Kabupaten Serang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menjadikan makam Minak Sangaji sebagai cagar budaya.

“Dari Pemerintah Banten, Cilegon sudah dipasang plang cagar budaya, kenapa dari Pemerintah Lampung cuek-cuek saja. Ini pemimpin besar, Minak Sangaji, tidak ada seorangpun yang mampu memimpin di Daerah orang lain kecuali Minak Sangaji”.

“Yang mampu menjadi Adipati bahkan mampu membawa 40 kebuwaian dari Lampung untuk tinggal di Daerah Anyer dan sekarang di Desa Cikoneng”.

“Jadi mungkin dari orang-orang Cikoneng sudah ada sedikit sentuhan, sekarang tolong, tolong viralkan agar Pemerintah ada sedikit sentuhan dari Pemerintahan Lampung”.

“Tolong pemimpin Lampung, ini pemimpin besar, tanda kebesaran orang Lampung, tanda keperkasaan orang Lampung, tanda kehebatan orang Lampung, mampu menjadi Adipati di Daerah Banten”.

“Sekali lagi tolong kepada semua saudara-saudara orang Lampung, viralkan, agar ada sentuhan dari Pemimpin Lampung, Gubernur, mungkin dari jajaran bidang kebudayaan untuk datang ke lokasi ini. Lokasi ini pas di Pasar Anyar pas disamping kantor Pos, sekali lagi, Minak Sangaji mantan Adipati di Daerah Banten”, harapnya.

Mengutip dari News.kingsmedia.id – Keberadaan orang-orang Lampung di Cikoneng, Serang, Banten, memiliki sejarah panjang. Cerita keberadaan mereka secara turun temurun diwariskan hingga ke anak-cucu.

Cikoneng masuk ke dalam Kecamatan Anyer, sebuah kawasan wisata yang setiap akhir pekan ramai dikunjungi para pelancong. Namun, ada sekelumit cerita mengenai keberadaan orang-orang Lampung di Cikoneng.

Di tugu perbatasan antara Cikoneng dan Anyer, terdapat Siger, sebuah lambang yang menandakan keberadaan orang-orang Lampung di sana. Pada siger itu terdapat tulisan Lampung Sai yang menurut keterangan Lurah Cikoneng Nurwahdini adalah sebuah nama yang mengikat dan mempersatukan seluruh suku Lampung yang ada di Cikoneng hal ini dilansir di salah satu media online Nasional detik.com.

Tak hanya di perbatasan, di gerbang masuk Cikoneng pun ada lambang Siger, pun di setiap sudut rumah-rumah warga di sana. Saat memasuki Cikoneng, karakteristik Lampung melekat di sana, mulai dari bahasa hingga adat istiadatnya.
Menyusuri Sejarah Panjang Kampung Lampung di Anyer

Suasana Lampung semakin terasa saat mendengar percakapan mereka, dalam kesehariannya, masyarakat di Cikoneng khususnya di empat kampung yakni, Cikoneng, Tegal, Bojong, Dan Salatuhur menggunakan bahasa Lampung.

Menurut cerita, mereka bermukim dan melakoni hidup sudah sejak zaman kesultanan Banten. Pertautan ini dimulai sejak era Islamisasi Pajajaran yang ditandai dengan migrasinya Buway Kuning dari Paksi Buway Belunguh Sekala Bekhak. Migrasi yang terjadi pada era ini digambarkan Lampung mengirimkan bala bantuan untuk menaklukkan pemberontakan Si Buyuh, ini adalah penggambaran dari runtuhnya kemusyikan & kebatilan. Si Buyuh sendiri digambarkan menemui ajalnya oleh keris Senantan Khanguh, sementara pemukiman yang dihuni oleh rumpun Lampung ini terus dikenal sebagai Cikoneng, merupakan pengabadian dari nama rumpun Buway Kuning dari Lampung.

Persahabatan Lampung-Banten sudah yang terjalin berabad-abad lalu puncaknya pada era kesultanan Banten dipimpin Sultan Maulana Hasanuddin. Persahabatan itu dibuktikan dengan adanya Prasasti Dalung Kuripan, sebuah lempengan logam perunggu yang berisikan ikrar antara Pangeran Sabakingkin (Sultan Maulana Hasanudin) dan Ratu Darah Putih.

“Salah satu sebab yang mendorong terlahirnya persahabatan ini, mungkin dikarenakan dua kerajaan ini merupakan keturunan dari dua sahabat setia, yakni Syarif Hidayatullah dan Raden Saksi (Zaenal Arifin). Raja-raja di Banten keturunan Syarif Hidayatullah, sedangkan para raja yang berada di Lampung anak cucu Raden Saksi,” tulis Hasun Syafari dalam buku Babad Lampung Cikoneng Banten.

Prasasti itu ditulis menggunakan bahasa Jawa Cirebon (Banten), jika diterjemahkan, salah satu paragrafnya berbunyi:

Perempuan Banten kalau dipaksa orang Lampung, belum suka yang bersangkutaan Lampung kena upat-upat (kualat). Perempuan Lampung kalau dipaksa orang Banten, belum suka yang bersangkutan atau saudara bapaknya, orang Banten terkena upat-upat.

Masih dalam buku itu, menurut Hasun Syafari, surat itu dibuat tiga rangkap, satu perunggu di Banten dan di Lampung berupa perak, dan satu surat lagi ada di Meninting berupa surat emas.

“Bahwa keduanya akan saling membantu manakala salah satu pihak sedang menghadapi masalah besar yang perlu ditangani dengan pemikiran serius dan kekuatan besar” tulis Syafari.

Persaudaraan Lampung-Banten berlanjut hingga saling bertukar pasukan perang. Ketika kerajaan Banten membutuhkan pasukan, Lampung memberikan pasukan terbaiknya, begitu pula sebaliknya. Kepentingannya, Banten harus menaklukkan beberapa kerajaan kecil seperti Parung Kujang yang berada di Lebak.
Menyusuri Sejarah Panjang Kampung Lampung di Anyer

Misi penaklukkan kerajaan Parung Kujang adalah untuk meng-Islam-kan masyarakat di sana. Belakangan diketahui, yang bergerak untuk menaklukkan Parung Kujang adalah pasukan dari Lampung yang berjumlah 4 pasukan termasuk Minak Sangaji.

Pertalian sejarah antar kedua kerajaan itu membuat Sultan Banten merasa berutang budi kepada kerajaan Lampung. Sultan Banten kemudian menawarkan posisi Adipati atau Raja di beberapa kerajaan kecil di wilayah Banten.

Salah satu yang mendapat gelar itu adalah Minak Sangaji sang putra mahkota, setelah sebelumnya saudara tuanya yang mendapat gelar itu meninggal dunia setelah mendapat mangemban amanat dari Sultan Banten.

“Sultan Banten ketika itu bermaksud ingin memberikan hadiah kepada Lampung sebagai tanda pembalas budi” tulis Syafari masih dalam buku Babad Lampung Cikoneng Banten.

Minak Sangaji kemudian memilih tinggal tidak di kerajaan, tapi ia meminta satu daerah kepada Sultan Banten untuk bisa bermukim di sana dan bercocok tanam serta membangun kehidupan.

Minak Sangaji memilih Anyer sebagai tempat membangun kehidupan baru bersama 40 kepala keluarga (sekuren). Di sana, Minak Sangaji dan 40 sekuren itu membangun rumah dan membuka lahan untuk ditanami padi dan tumbuhan lainnya.

Dari membangun kehidupan itu, Minak Sangaji selaku pemimpin di rombongan itu membagi ke 40 keluarga ke 4 wilayah yakni Cikoneng, Salatuhur, Bojong, dan Tegal. Di sana, keturunan orang-orang Lampung berkembang biak hingga saat ini.

“Bukti sejarah keberadaan orang Lampung itu salah satunya pulau Sangiang, termasuk masjid tertua yang masuk cagar budaya, termasuk situs penziarahan Menak Sangaji, banyak situs-situs di sini, itu bagian sejarah orang Lampung di Cikoneng,” kata Kepala Desa Cikoneng, Nur Wahdini.

Budaya Lampung di empat wilayah yang kini menjadi kampung itu mayoritas adalah orang Lampung. Bahasa keseharian pun menggunakan bahasa Lampung dengan masih memegang teguh adat istiadat Lampung meski berkehidupan di Tanah Jawara. Lantaran hidup di empat kampung, mereka biasa menyebut mereka sebagai Lampung Cikoneng atau Lampung Pak Pekon. Lampung Pak Pekon berarti orang-orang Lampung ada di empat kampung.#

You might also like

error: Content is protected !!