SMKN 4 Metro Komitmen Kembangkan Sekolah Bebasis Kewirausahaan

 


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Metro terus berkomiten mengembangkan sekolah berbasis kewirausahaan di era 4.0.

Hal tersebut bertahap telah di buktikan dengan ditunjang dengan sejumlah fasilitas sarana dan prasarana yang telah ada di sekolah tersebut, termasuk untuk proses praktek kegiatan belajar mengajar.

Kepala SMK Negeri 4 Metro, Erlian Eka Damayanti, S.Kom.,M.Ti membenarkan hal tersebut. Ia mengaku warga sekolah baik itu dewan guru dan siswa berusaha bagimana menciptakan wirusaha dari mulai terkecil.

“Jadi di setiap jurusan mulai dari jurusan ATR (Agribisnis Ternak Ruminansia), AP (Agribisnis Perikanan), ATP (Agribisnis Tanaman Perkebunan), TSM (Teknik Sepeda Motor), dan MM (Multimedia), kita kembangkan agar siswa mandiri dan bisa tanggungjawab,”ungkapnya, Sabtu (11/01/2020).

Lebih lanjut, Erlian mencontohkan jurusan perikanan. Pihak sekolah memberikan indukan ikan ke siswa atau dipinjamkan agar anak-anak belajar berwirausaha di rumah. Padahal di sekolahpun anak-anak melaksanakan dan mendapat pelajaran tersebut.

“Bukan hanya pembibitan ikan, kita juga melakukan pembesaran dan bukan hanya ikan air tawar saja, tapi kita sudah mulai pembibitan ke ikan hias, walaupun SMKN 4 Metro perikanan air tawar, tetapi kita melihat peluang dan paling bagus adalah ikan hias maka sudah mulai kewirausaha ikan hias,”jelasnya.

Untuk dipertenakan juga sama, selain ada pengemukan sapi, kambing yang memang dibesarkan bersama anak-anak dan tim, tetapi SMKN 4 Metro juga sudah mulai dengan peternakan ayam DOC (Day Old Chicken), ayam KUB (Kampung Unggul Baliutbangtan, itu sebanyak 27 ekor dibagikan kepada siswa untuk dikembangkan di rumah masing-masing, dan di sekolah juga ada percontohanya. Sedangkan untuk yang perkebunan pembibitan kopi, alpukat, lada perdu, dan sayuran organik. Kemudian teknik sepedah motor service ringan dan stem motor.

“Dengan harapan bagimana siswa menjadi entepreneur muda. Bagimana siswa belajar punya mental yang besar untuk berjualan dan mengembangkan hasil ternaknya. Jadi intinya, dalam berwirausaha ini menciptakan anak mampu dan tidak malu untuk berjualan dan sebagainya,”cetusnya.

Wanita yang dikenal ramah ini kembali menjelaskan, untuk jurusan multimedia, bukan hanya video shotting dan kamera, tapi sudah mulai cetak mug, cetak gantungan kunci, cetak kaos, dan SMKN 4 Metro sudah membeli alat sablon yang berukuran besar, jadi sudah siap menerima pesanan baik dari dalam ataupun dari luar termasuk dari dunia industri, SMKN 4 Metro siap melayani.

 

“Jadi komitmen sekolah berwirausaha dari kepala SMKN 4 Metro (Pak Wandi) yang lama sudah menciptakan itu. Dan insyaallah akan terus saya kembangkan. Selama 3 tahun saya disini perkembangan sudah sangat luar biasa menurut saya dan harapanya anak-anak, orangtua, masyarakat, walimurid, dan guru pun ikut serta mensukseskan program pemerintah,”ujarnya. (*)

SMK Membangun Desa

Kepala SMK N 4 Metro, Erlian menyampaikan, rencana SMK Negeri 4 Metro akan membuat program SMK membangun desa, terutama daerah sekolah sekitar. Bagimana kehadiran SMKN 4 Metro bisa membantu masyarakat.

“Kita sudah mulai bagaimana siswa kita memberikan pelajaran tentang bagimana mengolah pupuk bokasi. Bahkan sudah diundang dimana-mana, kita juga sudah siap ketika masyarakat ingin memijahkan ikan, tidak punya ikannya kita siap,”tuturnya.

Menurutnya, itu adalah program kedepan SMK membangun desa, dan kalau bisa semua jurusan bisa. Tentu hardirnya SMKN 4 Metro bukan hanya berdampak positif kepada lingkup civitas SMKN 4 Metro, tetapi ingin juga bermanfaat untuk daerah sekitar.

“Saya ingin sekali berkomitmen berwirausaha menciptakan juragan muda , menciptakan entrepreneur muda alumni di SMKN 4 Metro,”pungkasnya. (*)

SMKN 4 Metro Menuju Sekolah Percontohan Seamless Perikanan Se-Asia Tenggara

“Alhamdulilah SMKN 4 Metro menjadi salah satu SMK yang dipercayakan menjadi pengampu KKSI (Camp Kreative SMK Indonesia) Tahun 2019. Se-Indonesia pengampunya adalah SMKN 4 Metro, kita sudah mampu dan dipercayakan lagi, tahun ini insyaalah menjadi percontohan (pilot Project) dari seamless perikanan se-Asia Tenggara,”ungkap Kepala SMK N 4 Metro, Erlian didampingi Ketua Prodi Agrobisnis Perikanan Air Tawar SMKN 4 Metro, Farid Fahturahman.

Menurut dia, untuk target percontohan seamless perikanan se-Asia Tenggara. “Kita mampu mendidik anak yang sudah di siapkan di setiap kelas, bagimana menangkap program dari pemerintah terutama pak Menteri Pendidikan Kebudayan RI (Nadiem Makarim Red) bisa terlaksana,”tambahnya.

Oleh karna itu, SMKN 4 Metro termasuk salah satu sekolah yang dipercayakan menjadi percontohan (pilot Project) dari seamless perikanan se-Asia Tenggara yang nantinya akan di jadikan kurikulum perikanan di Asia Tenggara, pada Februari 2020 akan di sosialisasikan dibergagai daerah se Asia Tengara seperti negara Thailand, negara Bangkok dan negara yang ada di Asia Tenggara.

“Mudah-mudahan kepada tim SMKN 4 Metro, pak Farid yang juga terpilih menjadi sekertaris penyusunan kurikulum perikanan se Asia Tenggara,”pungkasnya. (*)

 

Penulis : Fredi Kurniawan sandi

You might also like

error: Content is protected !!