Deklarasi Pilkada Aman dan Damai Pesawaran Bebas Covid-19 dan money politik

Metrodeadline.com
Pesawaran- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten pesawaran menggelar Deklarasi Aman dan Damai Pilkada Pesawaran 2020 di museum transmigrasi provinsi lampung, kecamatan gedongtataan, kabupaten pesawaran,” Jum’at 25/09/2020.

Ketua bawaslu pesawaran, Ryan Arnando mengatakan, deklarasi pilkada damai dan aman untuk menegaskan komitmen bersama pelaksanaan pilkada yang sesuai dengan ketentuan undang-undang, menegakan kedaulatan rakyat dengan memilih secara langsung tanpa money politik dan bebas dari Covid-19.


“Tidak bisa kalau tidak melibatkan semua pihak dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020 ini, butuh komitmen dari semua elemen agar bergandengan tangan dalam Pilkada di bumi Andan Jejama menyukseskan Pilkada 2020 yang aman tanpa money politik dan bebas dari Covid-19,” ujar Ryan.

Disisi lain anggota bawaslu provinsi lampung Tamri Suhaimi S,HUT,SH menegaskan apa bila ada tim kampanye atau paslon yang mengelar rapat dan acara tidak mematuhi protokol kesehatan maka akan kita kasih peringatan tertulis.

“Jadi kalau ada kegiatan yang tidak mematuhi protokol kesehatan, terutama kita akan kasih peringatan tertulis kalau peringatan tertulis tidak diindahkan oleh tim kampanye atau paslon maka satu jam setelah surat itu di keluarkan jika tidak membubarkan diri atau tidak diperbaiki kampanye atau protokol kesehatannya maka akan kita bubarkan,” ucap Tamri.

Kapolres Pesawaran, AKBP Vero Aria Radmantyo menegaskan dalam pelaksanaan Pilkada harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan menjaga kondusifitas agar tidak terjadi klaster Pilkada di Kabupaten Pesawaran.

“Sesuai arahan dari kapolri jangan sampai terjadi klaster pilkada di kabupaten pesawaran, sudah ada sanksi bagi pelanggar seperti sanski KUHP, Undang-Undang kesehatan wabah menular salah satunya dalam pasal 14,” tegas Kapolres.

Kapolres menambahkan, TNI-POLRI akan melakukan upaya pengamanan seluruh TPS dan bekerjasama dengan Pemda Pesawaran dengan membuat rumah isolasi di setiap desa, demi menjaga keamanan dan kondusifitas dilapangan.

“untuk disetiap desa akan di adakan rumah isolasi untuk melakukan upaya pemeriksaan antisipasi adanya masyarakat yang terindikasi Covid-19. Semua pihak baik penyelanggara dan peserta Pilkada kami himbau untuk bisa menjaga kondusifitas mendukung deklarasi Pilkada damai dan aman untuk berkomitmen menciptakan Pilkada damai, aman dan sehat,” tutup Kapolres.(Anton)

You might also like

error: Content is protected !!