FPPLT Menilai Dana Rp 30 Miliar Untuk UMKM Lamteng Rawan Dikorupsi

Foto net ilustrasi

metrodeadline.com, LAMPUNG TENGAH – Forum Pemuda-Pemudi Lampung Tengah (FPPLT) menilai anggaran Rp. 30 miliar untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berasal dari anggaran APDB Lampung Tengah rawan korupsi. Pasalnya, saat ini Dinas Koperasi dan UKM Lampung Tengah baru menyiapkan kreteria UMKM mana yang berhak menerima bantuan modal tersebut.

Koordinator II (Dua) FPPLT Agus Setiawan mengatakan saat ini Dinas Koperasi dan UKM Lamteng belum siap menerima anggaran Rp. 30 miliar untuk pelaku UMKM yang terdampak Covid-19. Pasalnya, Dinas tersebut baru mendata dan menyiapkan kreteria penerima bantuan.

“Kalau belum siap tentu akan acak-acakan penyalurannya dan rawan terjadinya korupsi. Hal tersebut tentu akan merugikan daerah Lamteng dan negara,” kata Agus.

Agus menjelaskan bahwa perlu pengawasan yang ketat dari penegak hukum dan masyarakat untuk mengawasi anggaran tersebut bila jadi dikucurkan. “Bila jadi dikucurkan, disini saya meminta dan mengajak penagak hukum serta masyarakat untuk mengawasi anggaran bantuan UMKM yang terdampak Covid-19, agar tepat sasaran,” kata Agus.

Sementara itu, Forum Milenial Gunungsugih Riski Abdurahman mengaku siap untuk mengawasi anggaran bantuan untuk UMKM bila jadi dikucurkan. “Apabila jadi dikucurkan kami akan siap mengawasi dan mengecek apakah anggaran tersebut. Supaya tepat sasaran serta tidak terjadi penyimpangan anggaran,” tegasnya.

Terpisah, Kadis Koperasi dan UKM Lampung Tengah Mahmuri mengatakan bahwa saat ini dirinya masih mendata UMKM mana saja yang berhak menerima bantuan modal UMKM terlebih yang terdampak Covid-19. “Kami masih mendata. Tapi, hingga saat ini kami belum mengetahui sistem penyalurannya seperti apa,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga masih membuat persyaratan bagi UMKM yang berhak menerima bantuan modal dari anggaran Rp. 30 miliar tersebut.

“Saat ini kami masih buat syarat bagi pelaku UMKM yang berhak menerima bantuan modal tersebut. Mudah-mudahan bisa cepat selesai,” katanya. (red)

You might also like

error: Content is protected !!