ANTISIPASI RESIKO PENULARAN, BPJS KESEHATAN CABANG METRO LENGKAPI PETUGAS DENGAN ALAT PELINDUNG DIRI

metrodeadline.com Dalam rangka menjaga diri agar tidak terpapar virus Corona (Covid-19), BPJS Kesehatan Cabang kini lengkapi petugas dengan APD (alat pelindung diri) diantaranya masker, face shield, sarung tangan dan alat cek suhu tubuh bagi setiap masyarakat dan peserta JKN-KIS yang berkunjung ke kantor Cabang.

Hal ini dilakukan sebagai upaya preventif untuk melindungi pegawai dan juga petugas security dari adanya resiko penularan virus.
Apalagi petugas security merupakan salah satu profesi yang paling rentan tertular karena dalam kesehariannya bertemu dengan banyak peserta, memeriksa kondisi kesehatan para peserta maupun tamu yang berkunjung ke Kantor Cabang.

Kepala Bidang SDMUKP, Husin Ali menyampaikan bahwa kelengkapan APD untuk petugas security bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) di lingkungan Kantor. ”Saat ini kita sedang menjalankan social distancing untuk mengurangi kontak fisik secara langsung, apalagi security adalah garda terdepan untuk pelayanan publik seperti ini, pasti banyak orang yang datang dan berinteraksi secara langsung”, Tutur Husin

Selain petugas security, BPKS Kesehatan juga melakukan upaya prevenif lain diantaranya adalah penyediaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, penggunaan masker bagi petugas frontliner, dan melakukan disinfeksi setiap hari di area kantor BPJS Kesehatan.

Lebih Lanjut, pada meja service officer dan frontliner juga dipasang pembatas dari acrylic untuk mengantisipasi kontak langsung dengan peserta. “Untuk meminimalisir kontak langsung, BPJS Kesehatan juga mengatur jarak di ruang tunggu antrian dengan membatasi minimal 1 meter”, tambah Husin.

 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Metro, Sudiyanti menambahkan bahwa bagi peserta yang ingin mendapatkan pelayanan BPJS Kesehatan tetap bisa di akses melalui aplikasi Mobile JKN atau menghubungi Call Center BPJS Kesehatan 1500400. Pelayanan di kantor tetap buka seperti biasa, akan tetapi diutamakan untuk pelayanan yang bersifat mendesak.

“Pada aplikasi Mobile JKN tersedia fitur-fitur seperti pendaftaran peserta pbpu, perubahan data, cek keaktifkan peserta, cek tagihan peserta, kartu digital, cek ketersediaan tempat tidur, skrining kesehatan,” tambah Sudiyanti.

Upaya antisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) ditanggapi positif oleh Rohyadi, salah seorang peserta yang berkunjung ke kantor.

“Saya mengapresiasi upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan, seperti menyediakan wastafel portable untuk pengunjung, pengukuran suhu tubuh, serta adanya pengaturan jarak di kursi tunggu peserta. Mencegah lebih baik daripada mengobati,” ujar Rohyadi. (HA/be)

You might also like

error: Content is protected !!