Sukseskan New Normal, Kodim 0429/Lamtim Gelar Patroli


Laporan: Ropian Kunang

LAMPUNG TIMUR Sejumlah personil Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Komando Rayo Militer (Koramil) Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0429/Lamtim bersama dengan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP) membuat sebuah inovasi dengan nuansa yang berbeda dan terlihat suasana baru yang diadakan ditempat keramaian pada Sabtu, 6/6/2020 malam.

Suasana berbeda tersebut dengan adanya kehadiran personil TNI-POLRI dan Sat Pol-PP di toko, swalayan, tempat kuliner bahkan tempat nongkrong para muda-mudi dalam beberapa hari terakhir, ini tidak lain adalah untuk melaksanakan patroli penegakan disiplin dalam rangka New Normal.

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis mengatakan pihaknya sangat berharap kepada Personil gabungan 3 institusi dapat bekerjasama.

“Kami sangat berharap, personil gabungan dari Koramil, Polsek serta Sat Pol-PP ini dapat bekerjasama. Sehingga, mampu menjalankan tugasnya dengan baik guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lampung Timur,” harap Dandim.

Meskipun Kabupaten Lampung Timur zona hijau, namun prestasi itu masih menjadi tanggungjawab yang sangat berat sebab harus dipertahankan.

“Terkait Lampung Timur sampai saat ini masih zona hijau, selain prestasi ini juga merupakan beban berat yang harus kita pertahankan bersama-sama. Mudah-mudahan dengan pendisiplinan protokol kesehatan yang kami laksanakan secara persuasif, komunikatif dan humanis bisa diterima oleh semua kalangan masyarakat. Sehingga, kegiatan protkes bukan lagi menjadi beban melainkan sebuah kesadaran tersendiri bagi tiap individu,” ucap Muhammad Darwis.

Masih menurutnya, indikator sebuah keberhasilan yang telah diraih dengan tetap mematuhi protokol kesehatan guna menangkal penyebaran Covid-19.

“Indikator keberhasilan di sebuah wilayah dalam rangka menangkal penyebaran Covid-19 diantaranya, kepatuhan masyarakat untuk melaksanakan semua petunjuk protokol kesehatan, menurunya jumlah Kasus dan masyarakat mulai produktif melaksanakan kegiatan di daerahnya masing-masing sehingga roda perekonomian sudah berjalan,” pungkasnya.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan saat melaksanakan patroli pendisiplinan diantaranya, membagikan masker, memberikan himbauan kepada masyarakat supaya menjalankan pola hidup sehat termasuk mengecek tempat ibadah maupun jamaahnya yang belum mematuhi disiplin protokol kesehatan memberikan edukasi agar kedepannya dapat menerapkan.

Kodim 0429/Lamtim menerjunkan 92 Personilnya dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan menuju New Normal yang terbagi dalam 20 titik obyek di seluruh wilayah Kabupaten Lampung Timur.

(Sumber : Sertu Tarmuji – MC Kodim)

You might also like

error: Content is protected !!