Diskusi Peringati Kebangkitan Nasional via Daring Digelar Pemuda Batanghari Nuban

Laporan : Ropian Kunang

LAMPUNG TIMUR – Diskusi kepemudaan digelar secara daring oleh para pemuda-pemudi Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur pada Rabu, 20/5 jam 10.00 WIB. Kegiatan diskusi diikuti para pemuda-pemudi Kecamatan setempat dalam rangka persiapan memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) meskipun ditengah suasana bulan suci Ramadhan dan diterpa pandemi Covid-19.

Acara tersebut terselenggara atas inisiasi oleh Teki Prasetyo dari Kedaton II (Taholo) yang pernah menjadi duta Lampung dalam Jambore Pemuda Indonesia dan Sail Raja Ampat.

Awalnya ia mengajak Ari Wahyudi Pemuda Desa Gedung Dalam, Yeti Novitasari Pemudi Desa Cempaka Nuban dan Ria Iswandari dari Desa Negara Ratu.

Hasi dari diadakannya kegiatan diskusi itu yang menyimpulkan beberapa ide atau gagasan dengan cara membuat diskusi melalui daring online WhattApp Grup.

Setelah melakukan sosialisasi dengan menyebarkan pamflet di berbagai media sosial. Banyak tanggapan positif mengenai kegiatan ini, hanya dalam waktu singkat terkumpul sejumlah pemuda-pemudi yang pada akhirnya turut serta tergabung.

Kegiatan diskusi dipandu oleh Teki sebagai moderator dan menghadirkan 2 (dua) orang pembicara, yakni Ari Wahyudi selaku Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Lampung Timur (Ikam Lamtim) dan Yeti Novitasi aktivitis kampus dan kepemudaan.

Tema diskusi ini adalah memaknai Kebangkitan Nasional dalam Perspektif Kepemudaan.

Materi pertama disampaikan oleh Ari membahas tentang sejarah singkat adanya Hari Kebangkitan Nasional. Dilanjutkan oleh Yeti dengan materi apa yang bisa dilakukan pemuda saat ini dalam mengisi Kebangkitan Nasional. Setelah itu, suasana diskusi semakin hidup dengan lontarkan pertanyaan dan sharing dari anggota grup.

Terdapat permintaan dari para anggota grup untuk melanjutkan hal ini sebagai bentuk komunikasi lintas organisasi kepemudaan di Kecamatan Batanghari Nuban, yang dirasa selama ini belum pernah ada forum semacam ini.

“Mantap, lanjutkan, kita butuh forum komunikasi seperti ini, mudah-mudahan Kecamatan bisa memfasilitasi kegiatan selanjutnya,” tutur Rian selaku Ketua Karang Taruna Desa Purwosari.

“Responnya sangat positif dan banyak yang ingin bergabung, bahkan banyak yang dari luar Batanghari Nuban ingin bergabung. Tapi kami komitmen hanya untuk Pemuda Pemudi Batanghari Nuban,” ujar Teki.

“Ada yang dari Karang Taruna, Risma, Pemuda Muhammadiyah, aktivis kampus, dan komunitas lainnya,” pungkasnya.

Teki menerangkan bahwa diskusi kali ini hanyalah pemantik awal sebagai sarana komunikasi, untuk berkontribusi dan memberikan ruang berekspresi bagi para pemuda-pemudi Batanghari Nuban yang memiliki potensi besar dalam membangun daerah.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari para peserta, salah satunya Rizki Wahyu Setiawan selaku Direktur PT. Diary Media Indonesia yang menaungi media online diary.co.id beralamat di Dusun 1 Desa Gedung Dalem kecamatan setempat.

Menurutnya, kegiatan itu satu diantara cara meningkatkan kesadaran pemuda dalam mengenang perjuangan pendahulu pendiri negara.

“Alhamdulillah, ini kegiatan yang positif, adanya acara forum diskusi pertama ini agar kedepan akan lebih mudah bagi kita pemuda-pemudi di Batanghari Nuban. Kita berkomunikasi mengenai isu-isu terkini atau tentang perayaan hari besar negara,” ujar Rizki merangkap Kepala Bagian (Kabag) Humas Ikatan Muli Mekhanai (IMM) Provinsi Lampung. (Putri)

You might also like

error: Content is protected !!