Jokowi Minta Izin Riset Vaksin Virus Corona Dipercepat

Jakarta, — Presiden Joko Widodo meminta proses perizinan seluruh hasil riset dan inovasi terkait virus corona (covid-19) dipercepat. Saat ini pemerintah tengah berupaya melakukan pengujian plasma darah hingga tahapan pengujian vaksin corona.

“Saya minta seluruh hasil riset dan inovasi ini didukung penuh, proses perizinannya cepat, dan disambungkan ke industri baik BUMN maupun swasta,” ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas terkait Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 yang melalui siaran langsung akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (11/5).

Jokowi mengklaim berbagai proses pengujian plasma hingga tahapan vaksin itu mengalami kemajuan signfikan.

“Yang rencananya akan diuji klinis berskala besar di beberapa rumah sakit dan steam cell untuk gantikan jaringan paru yang rusak,” katanya.

 

Uji plasma daerah merupakan terapi dengan pengambilan plasma darah pasien yang sembuh dari corona dan pemberian kepada pasien yang masih sakit atau dirawat.

Selain uji plasma, Jokowi juga menyinggung kemajuan pengujian genome sequencing sebagai tahapan untuk menemukan vaksin corona.

Insert Status Pasien Risiko Virus CoronaFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Insert Status Pasien Risiko Virus Corona

“Kemajuan juga terjadi untuk pengujian genome sequencing, ini tahapan sangat penting untuk ke tahap berikutnya, untuk menemukan vaksin yang sesuai dengan negara kita,” katanya.

Pemerintah sebelumnya menyatakan Lembaga Biologi Molekular Eijkman Institute tengah mengembangkan vaksin untuk mencegah berkembangnya virus di Indonesia. Untuk meneliti pembuatan vaksin itu, Eijkman akan menggandeng lembaga internasional.

Eijkman juga melakukan whole genome sequencing (WGS) yang nantinya diperlukan untuk mendeteksi seperti apa virus corona yang berkembang di Indonesia. (*)

Sumber :https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200511131443-20-502053/jokowi-minta-izin-riset-vaksin-virus-corona-dipercepat

You might also like

error: Content is protected !!