Didirikan Posko Relawan Desa Tanjung Kesuma Untuk Lawan Covid-19

Laporan : Ferdian Adinata

LAMPUNG TIMUR – Posko Relawan Desa Lawan Covid-19 didirikan oleh Sugiyanto Kepala Desa Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Kegiatan di Posko Relawan Desa Lawan Covid-19 telah dilaksanakan sekitar satu bulan sejak didirikan pada tanggal, 9 April 2020 lalu.

“Posko relawan kami sudah berjalan hampir satu bulan nanti sampai tanggal, 9 Mei ini. Keberadaan posko relawan kami berbeda dari posko yang lain, dengan dua belas desa yang ada di Kecamatan Purbolinggo,” kata Sugiyanto pada Rabu, 6/5 jam 09.00 WIB kepada metro deadline.com di Posko.

Desa Tanjung Kesuma berbatasan langsung dengan jalan nasional atau jalan lintas pantai timur (jalinpantim).

“Karena kami berbatasan langsung dengan jalan nasional menjadi pintu masuk utama dari jalan lintas yaitu menuju ke jantung kota Kecamatan Purbolinggo,” imbuhnya.

Pihaknya mendirikan Posko Relawan Desa Lawan Covid-19 tepat berada di pintu masuk jalan raya Way Bungur – Purbolinggo.

“Kami memilih untuk mendirikan posko tepat di pintu masuk desa kami jalan desa Way Bungur – Purbolinggo, sebagai antisipasi pencegahan covid-19,” jelas Kepala Desa Tanjung Kesuma itu.

Kegiatan pekerjaan yang dilaksanakan petugas sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) forum pimpinan kecamatan (Forkopimcam) Kecamatan Purbolinggo.

“Yang kami kerjakan disini sesuai dengan SOP Forkopimda yaitu pak Camat dan Kepolsek bahwa kami harus mendata dan melakukan penyemprotan kepada siapapun warga yang melintas dari jalan lintas timur menuju ke Purbolinggo,” terangnya.

Pendataan dan penyemprotan dilakukan terhadap setiap kendaraan dan juga bagi warga Desa Tanjung Kesuma yang pulang dari rantauan.

“Kami data dan adakan penyemprotan kendaraannya dan kemudian juga sebagai pintu masuk pertama ketika warga kami yang datang dari luar daerah yang kami statuskan sebagai ODP (orang dalam pengawasan),” pungkasnya.

Penyemprotan disinfektan pada setiap rumah penduduk dan fasilitas umum dilakukan seminggu sekali. Petugas melaksanakan kegiatan di Posko Relawan Desa dibagi menjadi tiga sip bergantian selama delapan jam dalam kurun waktu sehari semalam.

Dana untuk biaya pendirian posko dan kegiatan dialokasikan oleh Sugiyanto Kepala Desa Tanjung Kesuma bersumber dari dana desa (DD) senilai 10%.

Selain itu DD juga dialokasikan untuk bantuan langsung tunai (BLT) untuk masyarakat terdampak Covid-19 senilai 30% dengan rincian Rp.600 ribu perorang perbulan sejak April, Mei dan Juni.

Penerima bantuan sembako pangan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur sebanyak 607 orang warga Desa Tanjung Kesuma.

Sementara terdapat 112 orang warga Desa Tanjung Kesuma yang berstatus ODP memilih isolasi mandiri, 88 orang selesai diisolasi.

Sebanyak 2 orang diantaranya berasal dari Taiwan dan Malaysia, sedangkan selebihnya pulang dari Jabodetabek terhitung sejak tanggal, 31 Maret 2020.

You might also like

error: Content is protected !!