Warga Lampura Terkonfirmasi Positif Covid-19 Bertambah Menjadi Empat Orang

Reporter : Afriando W

LAMPUNG UTARA – Plt. Bupati Lampung Utara, H. Budi Utomo didampingi Kepala Sekretariat Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Lampung Utara, Sanni Lumy melakukan press realese, di Gedung Korpri Kotabumi, Kamis (23/04/2020).

Pada press realese tersebut Plt.Bupati Lampung Utara, H. Budi Utomo mengumumkan bertambahnya kasus terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona terhadap pasien Orang Tanpa Gejala (OTG).

Bertambahnya kasus terkonfirmasi covid-19 merupakan warga kecamatan Abung Timur yang selanjutnya di sebut sebagai K-3 Lampung Utara dan K-4 Lampung Utara.

“Laporan ini berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang, Sumatera Selatan yang kami terima pada tanggal 23 April 2020,”ungkapnya. 

Pasien terkonfirmasi K-3 Lampung Utara merupakan Jama’ah Ijtima’ Tabligh Akbar di Gowa, Sulawesi Selatan yang diselenggarakan tanggal 18 – 22 Maret 2020 menggunakan Transportasi Udara Bandara Radin Inten II.

Kemudian pasien terkonfirmasi K-4 Lampung Utara di ketahui telah melakukan perjalanan dari Bengkulu pada tanggal 7 – 29 Maret 2020 menggunakan Transportasi Travel bersama 14 orang lainnya yang tersebar di Kecamatan Bunga Mayang, Sungkai Selatan dan Kotabumi Utara.

Dengan hasil ini maka jumlah kasus terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona berjumlah 4 orang di Lampung Utara.

“Saat ini pasien terkonfirmasi K-3 Lampung Utara dan K-4 Lampung Utara dalam keadaan sehat dan melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing – masing,”jelasnya. 

Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Lampung Utara, H. Budi Utomo memerintahkan kepada seluruh OPD terkait untuk dapat menindaklanjuti kasus ini sebagaimana prosedur yang mencakup investigasi epidemologis, peningkatan edukasi dan informasi, menciptakan lingkungan yang kondusif dan efektif dalam pelaksanaan isolasi mandiri maupun di tempat isolasi khusus.

H. Budi Utomo juga menghimbau agar dapat menahan diri dari berpergian keluar rumah kecuali ada kepentingan yang mendesak, mempertahankan jarak aman dengan para anggota keluarga di tempat tinggal dan bersosialisasi dengan tetangga minimal berjarak 1 meter kemudian senantiasa mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau menggunakan handsanitizer, menerapkan etika batuk, bersin, menguap dengan menutup hidung dan mulut menggunakan masker atau lengan bagian dalam serta membuang ludah di tempat yang tertutup, meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, banyak minum air putih, olahraga teratur secara individu senatiasa menggunakan masker jika harus terpaksa keluar rumah, terakhir dan terpenting yaitu meningkatakan iman dan takwa kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah di rumah.

“Saudara – saudara sekalian dengan bertambahnya kasus ini. Mari kita lebih meningkatkan kewaspadan tanpa menghilangkan kepedulian antar sesama dengan tidak mengucilkan individu atau keluarga yang terdampak melainkan memberikan dukungan moriil dan materiil bila kita mampu dan semoga dengan peristiwa ini dapat lebih menguatkan kita dalam memutus mat rantai penyebaran covid-19 ini,”tutupnya. (*)

You might also like

error: Content is protected !!