Fraksi PKS Kritik Daya Serap Anggaran Belum Optimal

DPRD KOTA METRO

foto net ilustrasi

Fraksi PKS DPRD Kota Metro mengkritik  rendahnya serapan anggaran yang dikelola organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Metro Tahun Anggaran 2019.

“Daya serap tersebut bisa terjadi karna dua kemungkinan yaitu terjadi efesiensi biaya atau ketidak mampuan OPD dalam memaksimalkan penyerapan anggaran,”ungkap Wasis Riyadi, S.Sos Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Metro, saat memberikan pandangan umum fraksi-fraksi atas LKPJ Walikota Metro TA 2019, di gedung DPRD Kota Metro, Rabu (8/4/2020).

Lebih lanjut, kata Wasis fraksi PKS memandang ada beberapa OPD yang memang dapat melakukan efesiensi biaya, sehingga daya serapnya tidak sesuai dengan target.

“Ada OPD yang dalam beberapa hal memang belum bekerja secara optimal atau memang OPD yang bersangkutan terjadi salah perencanaan. Sehingga tidak dapat menyerap angggaran dengan baik,”ujarnya.

Tak hanya itu, untuk di bidang kesehatan pada 2019  yang didukung 21 program, terdiri dari 19 program Dinas Kesehatan dan 2 program RSUD A. Yani dengan realisasi anggaran sebesar 96,44 persen. Jika dibandingkan dengan realisasi anggaran 2018 yang mencapai 104 persen, tentu ini adalah sebuah penurunan dari sisi penyerapan.

“Fraksi PKS memberikan beberapa catatan dibidang kesehatan, yakni bidang pelayanan kesehatan, bidang pencegahan penyakit dan penyehatan lingkungan dan bidang kesehatan masyarakat. Fraksi PKS mengapresiasi penemuan masalah-masalah pada urusan wajib kesehatan ini, karna mengetahui masalah adalah bagian dari solusi,”tandasnya. (*)

You might also like

error: Content is protected !!