Tarian Barong Bangkong Hibur Warga Seputihbanyak Hingga Kumpulkan Uang Setiap Hari Raya Galungan Dan Kuningan

Lampung Tengah


metrodeadline.com, LAMPUNG TENGAH –  Kampung Sanggar Buana dan Kampung Sakti Buana, Kecamatan Seputihbanyak, Lampung Tengah, memiliki cara unik memeriahkan hari Raya Galungan dan Kuningan. Dimana Pemuda Hindu Bali setempat, mempunyai group kesenian musik dan tarian Barong Bangkong (Barong Berwajahkan babi) yang selalu ditunggu-tunggu oleh warga sekitar disetiap pertunjukannya.

Ketut Eri Gunawan salah satu pengurus group tersebut mengatakan kegiatan seni musik dan tarian barong bangkong itu, digagas oleh para anggota group ini sendiri. Hal itu, bertujuan untuk mengisi uang kas yang nantinya bisa membeli semua perlengkapan saat pentas.

“Kegiatan ini tarian barong bangkong kami yang menggagasnya sendiri. Saat pertunjukan kami bisa mengantongi 4-10 juta. Uang ini kami gunakan untuk kas kami. Soalnya perlengkapan kami belum cukup jadi sementara ada yang sewa. Mudah-mudah kedepanya kami dapat melengkapi semua perlengkapan pertunjukan ini,” ujarnya

Sementara itu, menurut I Made Suteja selaku Koordinator Forum Pemuda – Pemudi Lampung Tengah, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Pasalnya, diera modernsasi ini tidak banyak yang memiliki gagasan positif untuk melestarikan seni budaya. Mudah-mudahan kedepan mereka mendapat perhatian khusus, agar bakat seni budaya ini terwariskan terus kegenerasi berikutnya. (red)

You might also like

error: Content is protected !!