Dinas PMPTSP Lampung Timur Berikan Pelayanan Prima

Laporan : Ropian Kunang


LAMPUNG TIMUR – Yuliansyah, SH Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lampung Timur didampingi Adi Setiadi Mukhlis Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan pada Rabu, 22/1 jam 11.00 WIB telah memberikan pelayanan prima.

Terdapat 63 jenis pelayanan perizinan erhadap masyarakat (stakeholder) Kabupaten Lampung Timur yang diberikan secara gratis terkecuali izin mendirikan bangunan (IMB)

Pelayanan yang diberikan tersebut berdasarkan Peraturan Bupati Kabupaten Lampung Timur Nomor 35 Tahun 2019 Tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Perizinan Dan Non Perizinan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP).

Terkait perizinan pertambangan galian C merupakan kewenangan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Propinsi Lampung berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Izin Usaha Operasional Pertambangan

“Sesuai dengan ketentuan Peraturan Kementerian dan Perundang-undangan, sehingga kami tidak ada kewenangan pemberian perizinan untuk galian C,”, kata Yuliansyah pada Rabu, 22/1 jam 11.00 diruang kerjanya.

“Perizinan yang dilayani disini diberikan secara gratis mencapai 99 % tanpa dipungut biaya, terkecuali IMB sebab itu sesuai dengan ketentuan kas daerah”, tambah Babe panggilan akrab Yuliansyah.

Dari ke 63 jenis perizinan tersebut, Dinas PMPTSP Lamtim telah menerbitkan 1,839 perizinan periode Januari – Desember 2019.

“Jenis-jenis perizinan dan non perizinan ada 63, yang produk perizinan sendiri sudah terbit 1,839 dari Januari sampai Desember 2019. Begitu juga dengan layanan non perizinan ada 210 dari Januari sampai Desember 2019”, kata Adi Setiadi Mukhlis Kabid Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan.

“Justru yang bayar ada perhitungannya tersendiri di IMB, yang menentukan itu adalah dari Kantor PU bukannya dari kami”, lanjut Kabid Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan.

Terdapat beberapa Dinas Teknis Dinas PMPTSP Lamtim.

“Kami punya Dinas teknis seperti PU, BLH, Perindag, Kesehatan dan lainnya”, imbuh Adi panggilan Adi Setiadi Mukhlis.

Yang paling mendominasi pelayanan penerbitan pelayanan perizinan dari sektor perizinan praktek kebidanan keadilan sektor Dinas Kesehatan Lampung Timur.

“Yang paling banyak disini dari sektor perizinan izin praktek bidan bidang kesehatan”, tutupnya. (*)

You might also like

error: Content is protected !!