Penipuan, Modus Berkedok Koperasi Tawarkan Dana Pinjaman Berbasis Online

Laporan : Ropian Kunang


LAMPUNG TIMUR – Modus penipuan dengan menggunakan sebuah cara menawarkan dana pinjaman berbasis online yang dilakukan oknum melalui Short Message Service (SMS) mengatasnamakan pengurus Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sejahtera Bersama.

Untuk meyakinkan, masyarakat dikelabui dengan cara oknum memasang photo profil WA-nya yang terdapat berbagai tulisan.

“Ass yth’ Bpk-Ibu kami dari KSP SEJAHTERA BERSAMA Menawarkan dana pinjaman berbasis Online jaminan ktp & KK bunga 2% minimal 5juta sampai 500juta info lengkap chat WA: 082398089679”, demikian bunyi SMS pada Selasa, 21/1 pukul 15.13 WIB.

“Terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Pinjaman Online Pertama di Indonesia. Solusi Dana Talangan untuk Segala Kebutuhan. Ajukan Pinjaman”, tulisan pada photo profil WA itu.

“Saya dapat SMS dari oknum yang mengaku dari KSP Sejahtera Bersama, karena merasa curiga SMS itu unsur penipuan, maka kedua nomor baik nomor pengirim +6285220950175 maupun nomor cheat WA 082398089679 sebagaimana dalam SMS itu langsung disimpan dan dikonfirmasi”, kata Riyan warga Desa Pasar Sukadana Kecamatan Sukadana.

“Sebelumnya, pengirim SMS, saya kirimi 9 berita terkait berbagai kasus penipuan berkedok koperasi simpan pinjam online”, tandasnya.

Namun hingga berita ini diturunkan, tidak ada balasan atas konfirmasi terkait legalitas oknum dan KSP Sejahtera Bersama.

Bahkan selain nomor WA tidak lagi diaktifkan ternyata photo profil juga turut dihapus.

Ketua Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kabupaten Lampung Timur
menganjurkan agar perihal tersebut diabadikan. Karena apabila dilayani, maka semua perangkat data dapat disalahgunakan. Perihal itu terjadi secara nasional dan sedang dalam pengusutan pihak Kepolisian.

“Abaikan aja, itu sudah lama dan sdh diberitakan lewat TV, itu nanti kalau dilayani semua yang ada diperangkat hp nya bisa ke expos semua. Itu bisa datanya bisa dimanfaatkan mereka, memang itu masih di usut Kepolisian”, kata Mujiono.-

You might also like

error: Content is protected !!