Petugas BPJS Satu Terus Sosialisasikan Program Praktis

Rilis BPJS Kesehatan Cabang Metro


metrodeadline.com – BPJS Satu diterapkan dengan menempatkan sejumlah petugas disetiap fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Para petugas ini kemudian secara tanggap melayani dan membantu setiap pasien peserta dari JKN-KIS jika mengalami kesulitan selama mengakses layanan kesehatan di rumah sakit.

Selain memastikan peserta mendapatkan pelayanan terbaik di Fasilitas Kesehatan, petugas BPJS SATU juga gencar menyosialisasikan Program Perubahan Kelas Tidak Sulit (PRAKTIS) yang dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN-KIS dari segmen peserta mandiri yang ingin menyesuaikan besaran iuran sesuai dengan kemampuan membayarnya.

Kepala Bidang KPP (Kepesertaan dan Pelayanan Peserta), Anggraeni Putri Manikam menyampaikan bahwa program PRAKTIS bertujuan untuk menyesuaikan kemampuan membayar peserta agar terhindar dari kartu non aktif karena adanya tunggakan iuran.

  “Program PRAKTIS ini berlaku dari periode 9 Desember 2019 sampai 30 april 2020,” kata Anggraeni,  Jum’at (17/01).

Anggraeni menambahkan bagi peserta mandiri yang terdaftar sebelum 1 Januari 2020 dapat melakukan perubahan kelas sesuai kemampuan (termasuk turun kelas) tanpa harus menunggu masa waktu satu tahun kepesertaannya dan perubahan tersebut berlaku untuk satu keluarga.

Perubahan kelas perawatan juga dapat dilakukan hingga turun dua tingkat dari kelas perawatan sebelumnya, misal dari kelas 1 langsung ke kelas 3. Dan bagi peserta yang menunggak iuran tetap dapat mengikuti program PRAKTIS ini, namun status kepesertaannya masih tidak aktif dan belum bisa mengakses pelayanan kesehatan sampai tunggakan iuran dibayarkan. Lanjutnya, jika perubahan kelas perawatan berlaku mulai tanggal 1 (satu) bulan berikutnya maka khusus di bulan Januari 2020 dapat langsung berlaku di bulan berjalan.

“Adanya kemudahan program PRAKTIS ini terus diinformasikan kepada masyarakat luas termasuk kepada peserta yang sedang mengakses pelayanan di rumah sakit,” tutur Angrraeni

Saat diwawancarai Tim Jamkesnews, Ibu Nurlika, salah satu peserta JKN-KIS yang sedang mendampingi suaminya menjalani rawat inap  memberikan tanggapan yang positif terkait program PRAKTIS yang disampaikan oleh Petugas BPJS SATU!

“Saya dapat informasi langsung dari petugas BPJS yang pakai rompi kuning, petugasnya bilang kepada saya kalu sekarang ada program PRAKTIS yang bisa turun kelas sesuai dengan kemampuan membayar. Rencananya saya mau turun dari kelas 1 menjadi kelas 3, yang penting kartu aktif sehingga dapat selalu digunakan,”ujar Nurlika. (*)

You might also like

error: Content is protected !!