DPRD Metro : Lebih Baik Miskin Struktur Tapi Kaya Fungsi

Basuki Wakil Ketua Pansus DPRD Metro

METRODEADLINE.COM – Dinas Kesehatan Kota Metro bakal naik menjadi tipe A. Kenaikan ini dimungkinkan seiring dengan rencana Puskesmas Bantul berubah menjadi rumahsakit. Selain Diskes, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Metro juga bakal dirubah menjadi Badan Kesbangpol.

Basuki Wakil Ketua Pansus DPRD Metro menyatakan, perubahan tipe tersebut usulan pihak Pemkot Metro atas perubahan Perda No 24 Tahun 2016 tentang Susunan Perangkat Daerah. Ini artinya, Dinas Kesehatan dengan sendirinya akan menambah bidang.

Hal ini juga sesuai dengan aturan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 49 Tahun 2016 Tentang Pedoman Teknis Pengorganisasian Diskes Provinsi dan Kabupaten/Kota. Serta Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah.

Menurutnya, ada banyak pengajuan usulan perubahan kenaikan tingkat. Namun, sementara ini yang diakomodir baru dua satker. DPRD menilai lebih baik miskin struktur tapi kaya fungsi. Sehingga APBD akan berimbang antara anggaran rutin dan pembangunan.

“Kita lihat juga kalau dari sisi anggaran kan tidak baik, dan selama ini penilaian kami OPD yang ada itu sudah cukup efektif dan berjalan baik. Tidak terlalu krusial lah. Artinya masih bisa maksimal meski ada yang melebur seperti pemadam kebakaran ke Satpol PP,” ungkapnya Senin (22/7/2019).

Basuki menambahkan, Pansus secepatnya akan mengesahkan perda terkait perubahan tipe dua satker itu. Targetnya, sebelum periode anggota dewan yang baru. “Sehingga, periode sekarang tidak membebani atau meninggalkan PR,” pungkasnya. (*)

You might also like

error: Content is protected !!