Metro Membaca Buku 30 Menit

 

Ada yang menarik pada salah satu rangkaian acara Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2018. Adalah membaca bersama selama 30 menit. Ya, momen tersebut merupakan dimana seluruh peserta dan tamu undangan yang hadir pada Seremoni Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2018 diberikan waktu luang selama 30 menit untuk membaca buku. Tidak terkecuali Walikota dan Wakil Walikota Metro pun turut membuka lembaran-lembaran buku.

Momen membaca bersama tersebut sangat sarat akan makna terlebih lagi Kota Metro dikenal sebagai Kota Pendidikan dan salah satu indikatornya adalah minat baca masyarakatnya. Setelah selesai membaca para peserta dipersilahkan untuk menulis quotes, pesan moral, kesan dan catatan lainnya yang didapat setelah membaca buku. Catatan tersebut kemudian ditempelkan ke dahan-dahan dari pohon quotes yang terdapat di sekitaran lorong lapak baca.

 

Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah mengadakan peringatan Hari Kunjung Perpustakaan Kota Metro tahun 2018 dengan seruan “Metro Membaca Buku 30  Menit” yang bertempat di pelataran Jl. Ade Irma Suryani Kota Metro, Kamis (27/09/2018).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Syachri Ramadhan mengatakan  bahwa tema dari kegiatan ini adalah, memasyarakat kan budaya literasi guna mewujudkan Metro sebagai Kota pendidikan. 

“ Dengan tujuan dapat menumbuh kembangkan minat budaya baca, kepada masyarakat sekaligus ajang promosi dan pengenalan pemanfaatan perpustakaan-perpustakaan sekolah dan rumah pintar Kelurahan yang ada di Kota Metro. Menumbuh kembangkan kecintaan membaca, menulis dan berbicara bagi para pelajar dan masyarakat umum. Sehingga kedepan mampu menghasilkan kreatifitas  yang membanggakan Kota Metro,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Metro Achmad Pairin mengatakan, ucapan selamat kepada pemenang lomba yang telah memeriahkan acara ini.

“Saya ucapkan terimakasih kepada 67 stand baca, yang pesertanya terdiri dari OPD, Sekolah SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi serta Komunitas di Kota Metro,” tuturnya.  Ia mengungkapkan bahwa, Pemkot Metro mempunyai program untuk mendukung program komunitas membaca.

“Rencananya lapak baca ini akan dibangun, pada bundaran depan Masjid Taqwa dan di Lapangan Samber Kota Metro. Dengan harapan, apa yang kita bangun mampu memberikan manfaat kepada masyarakat Kota Metro,” ujarnya.

Kemudian acara ini dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba, diantaranya dari cabang lomba mewarnai, bercerita, pidato bahasa lampung, cipta dan baca puisi, menulis artikel, video, photografi, menulis surat kepada Walikota Metro. 

Penyerahan yang dilakukan oleh Walikota Metro dan jajarannya, turut memberikan Apresiasi terhadap pemenang lomba di Tingkat Provinsi diantaranya dari lomba Perpustakaan sekolah dari SMAN 2 Metro, Lomba Perpustakaan Kelurahan Hadimulyo Timur, lomba Perpustakawan, lomba Pidato Bahasa Lampung SMPN 1 Metro, Desai logo, ASN Prestasi bidang teknologi.(Adv)

 

You might also like

error: Content is protected !!