Ditjen PUPR Survei Lahan Calon Asrama IAI Agus Salim Metro

MMETRO – Direktur Jenderal Rumah Susun Ditjen Penyediaan Purmahan Kementrian, Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Kuswardono, MCP bersama rombongan meninjau lahan di Jl. Atmo Suwito RT08 RW3, Karangerejo 23 Polos, Kecamatan Metro Utara, Selasa (10/7/2018). Diaman lokasi tersebut akan diproyeksikan dibangun rumah susun untuk mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Agus Salim Metro-Lampung.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Rumah Susun Ditjen Penyediaan Purmahan Kementrian PUPR Kuswardono mengatakan bahwa survei lokasi ini menindaklanjuti usulan berkas yang masuk kemeja Ditjen PUPR.

“Jadi secara teknis sudah memenuhi persyaratan, baik sertifikat tanah harus milik yayasan, dan luas lahan 5.000 meter/ persegi,”ungkapnya disela-sela kunjungannya.

Selain itu, Kuswardono juga belum bisa memastikan berapa jumlah anggaran APBN yang akan digelontorkan untuk RUSUN Perguruan Tinggi yang ada di Kota berjuluk pendidikan tersebut.

“Ini kan masih kita hitung berapa jumlah anggaran untuk proyek tersebut.  Ya belum tahu, mungkin nanti akan kita ajukan sekitar 9-10 miliar. Ya mudah-mudahan terealisasi, sehingga 2019 mendatang bisa dibangung,”ujarnya.

Rektor IAI Agus Salim Metro Ach. Chairi,.MPd.

Sementara itu, Rektor IAI Agus Salim Metro-Lampung Ach. Chairi,.MPd.I mengucapkan trimakasih kepada tim rombongan dari pusat yang datang mensurvei lokasi lahan yang rencananya akan dibangun rusun untuk mahasiswa IAI Agus Salim kedepannya.

Selain untuk mengagred kemampuan akademik mahasiswa. Tentu dengan keberadaan asrama mahasiswa ini nanti kedepan, dapat membuat majelis yang kuat. “ Ya intinya mahasiswa harus dibekali ilmu agama yang bagus, sehingga ilmunya dapat ditularkan kepada masyarakat luas dan memperbaiki moral generasi penerus bangsa,”tuturnya.

Disinggung soal manajemen perkuliahan bagi mahasiswa asrama, Choiri menyebut bahwa belum bisa member penjelasan secara spesifik. Namun, kata dia bagi mahasiswa yang tinggal di asrama penerapan ingklut sekaligus SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidik) dan lain-lain, yang jelas masih terjangkau.

“Tolong doakan ya, semoga cepat terealisasi dan pada 2019 mendatang gedung asrama 3 lantai IAI Agus Salim Metro bantuan dari pemerintah pusat  terbangung megah di Kota Metro,”harapnya.

Tokoh Masyarakat Sudarsono

Sementara itu, Sudarsono tokoh masyarak sekitar mengaku mendukung penuh atas prospek didaerah pinggiran Kota Metro bisa terbangun asrama mahasiswa perguruan tingggi Islam, sekaligus sebagai pendidikan regilius.

“Ya banyak hal positif  bila ini terwujud, salah satunya  mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar Rusun Asrama IAI Agus Salim Metro dan bisa mencetak lulusan yang paham tentang pendidikan agama dan yang terpenting mengamalkannya,”pungkasnya. (Adv)

SSumber : IAI Agus Salim Metro

Penulis/Foto : F Kurniawan Sandy

You might also like

error: Content is protected !!